B. Kondisi adat Batak dimasa kini

Pada waktu belakangan ini, pemahaman orang Batak Toba tentang adat istiadatnya sendiri, sudah mulai kabur, dan pelaksanaannya pun, sudah banyak yang menyimpang dari aturan. (Ruhut ni adat). Kalau kita perhatikan dengan seksama pelaksanaan adat (Perhelatan) di zaman sekarang ini, kelihatannya sudah beragam dan tidak bersifat argumentatif lagi ; istilah dalam bahasa Batak disebut: Mardua rupa songon bulung ni Motung, ada yang menuruti aturan (Ruhut ni adat), inilah yang kita sebut adat na pinaradat (adat istiadat), ada pula yang menyimpang dari aturan, inilah yang kita sebut adat na niadathon (Adat yang diadatkan/di jadi-jadikan/diada-adakan).

Akibat dari kondisi adat yang sudah demikian itu, bingunglah generasi penerus, dan tidak begitu antusias lagi terhadap adat-istiadatnya sendiri. Dimasa sekarang, sudah banyak orang Batak Toba yang menghindar serta menjauh dari adat; kalau hal ini dipertanyakan kepada mereka, beragam pula jawabannya. Ada yang berkata: adat itu milik orang kaya, orang miskin tidak sanggup ;  yang lain berkata: adat bikin susah, capek dan  membosankan; ada pula yang berkata: Adat itu adalah Babi ; ada Babi ada adat, tidak ada Babi tidak ada adat.      

Pada masa sekarang, orang Batak Toba dihadapkan pada pertanyaan: Apakah terus membiarkan adatnya terombang ambing mengikuti ketidak pastian, atau kembali ke aturan dasar yang ditetapkan para pemuka masyarakat dahulu. (Back to Basic).

Selanjutnya untuk mengetahui adat yang sesuai dan yang tidak sesuai dengan aturan dasar yang ditetapkan oleh 0mpu raja Ijolo, perlu diadakan kaji ulang.(uji materi).

Dibawah ini, kami sajikan beberapa materi bahasan yang dapat kami kumpulkan dari lapangan; Walaupun materi ni sudah dibahas beberapakali didalam forum diskusi/Seminarterbatas yang diselenggarakan oleh Yayasan Sianjur mulatompa Pencinta Budaya Batak, namun kami masih merasa perlu memberikan kesempatan kepada pembaca  untuk menyampaikan pendapatnya. 




Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "B. Kondisi adat Batak dimasa kini"

Post a Comment

Sponsor

loading...