BAB. V SIPAHUSOR HUSORON NI ROHA


A. Masa transisi dan pergeseran nilai adat Batak.
      
Songon naung tinaringotan di jolo ni on (Bab.II.2), sanga do dialami halak Batak masa kelabu (Khaos), pola sahat tu na pitu sundut lelengna, bebas do jolma masibahen nabinotona ala so adong pamarenta na mambahen aturan.
       
Hombar tu tona ni Raja malim/Raja Uti VII namaringanan di Pulo Munsungbabi, dipapungu Raja Sisingamangaraja I (Raja Manghuntal) ma angka nabisuk ni halak Batak, marlolo di Bakkara laho mameakhon sisiasia ni paradaton naboi mambahen denggan halak Batak; saut ma nasida marlolo jala digoari do angka nadohot marlolo disi 0mpu Raja Ijolo, namarlapatan pemuka masyarakat ; jadi, mulai sian i ma parmulaan ni adat Batak Dalihan Natolu.
       
Ompu raja Ijolo do ianggo na mambahen aturan (ruhut ni adat), alai Raja Sisingamangaraja do ianggo na pahothon (Mensosiali sasikanaturan i ) asa gabe dihasomalhon masyarakat .   Untuk tugas ini,   Raja Sisingamangaraja, dibantu oleh Tanduk ni raja/Tunggane huta di setiap Desa,
       
Masa waktu pembenahan adat itu, relatip singkat, hanya ber langsung hingga masa pemerintahan Raja Sisingamangaraja IX (Raja 0mpu Sotaronggal), karena pada masa pemerintahan Raja Sisingamangaraja X ( Raja Silompo 0mpu Tuan Nabolon), terjadi perang melawan Tuanku Rao, yang diutus oleh Tuanku Imam Bonjol dalam rangka mengislamkan Toba (Porang Monjo); dan pada masa pemerintahan Raja Sisingamangaraja XII (Raja 0mpu Pulobatu Patuan Bosar), terjadi perang kemerdekaan melawan penjajah Belanda (Sibontar mata), maka  tidak ada lagi waktu bagi Raja untuk memperhatikan adat ; sejak itu, timbullah kebimbangan orang Batak dalam melaksanakan adatnya.(Gamang).
       
Kalau dihitung-hitung dari masa akhir pemerintahan Raja Sisingamangaraja IX hingga sekarang, sudah berkisar kirakira 200 tahun (7 Generasi), maka selama itu pulalah adat Batak itu berjalan  tertatihtatih seperti orang pincang. Selama perjalanan 200 tahun dalam kondisi yang demikian itu, tentulah adat itu ada yang lahir ditengah jalan dengan aneka ragam kekurangan nya, dan ada pula yang hilang ditelan zaman.; maka, kalaupun terjadi benturan-benturan pendapat maupun perbedaan pelaksanaan adat Dalihan Natolu itu di masa sekarang, dapatlah kiranya di maklumi.



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "BAB. V SIPAHUSOR HUSORON NI ROHA"

Post a Comment

Sponsor

loading...