BAB. V SIPAHUSOR HUSORON NI ROHA
A. Masa transisi dan pergeseran nilai adat Batak.
Songon naung
tinaringotan di jolo ni on (Bab.II.2), sanga do dialami halak Batak masa
kelabu (Khaos), pola sahat tu na pitu sundut lelengna, bebas do jolma masibahen
nabinotona ala so adong pamarenta na mambahen aturan.
Hombar tu tona ni Raja malim/Raja Uti
VII namaringanan di Pulo Munsungbabi, dipapungu Raja Sisingamangaraja I (Raja
Manghuntal) ma angka nabisuk ni halak Batak, marlolo di Bakkara laho mameakhon
sisiasia ni paradaton naboi mambahen denggan halak Batak; saut ma nasida
marlolo jala digoari do angka nadohot marlolo disi 0mpu Raja Ijolo,
namarlapatan pemuka masyarakat ; jadi,
mulai sian i ma parmulaan ni adat Batak Dalihan
Natolu.
Ompu raja Ijolo do ianggo na mambahen
aturan (ruhut ni adat), alai Raja
Sisingamangaraja do ianggo na pahothon (Mensosiali
sasikanaturan i ) asa gabe dihasomalhon masyarakat . Untuk tugas ini, Raja Sisingamangaraja, dibantu oleh Tanduk
ni raja/Tunggane huta di setiap Desa,
Masa waktu pembenahan adat itu, relatip
singkat, hanya ber langsung hingga masa pemerintahan Raja Sisingamangaraja IX
(Raja 0mpu Sotaronggal), karena pada masa pemerintahan Raja Sisingamangaraja X
( Raja Silompo 0mpu Tuan Nabolon), terjadi perang melawan Tuanku Rao, yang
diutus oleh Tuanku Imam Bonjol dalam rangka mengislamkan Toba (Porang Monjo); dan pada masa
pemerintahan Raja Sisingamangaraja XII (Raja 0mpu Pulobatu Patuan Bosar),
terjadi perang kemerdekaan melawan penjajah Belanda (Sibontar mata), maka tidak ada lagi waktu bagi Raja untuk
memperhatikan adat ; sejak itu, timbullah kebimbangan orang Batak dalam
melaksanakan adatnya.(Gamang).
Kalau dihitung-hitung dari masa akhir
pemerintahan Raja Sisingamangaraja IX hingga sekarang, sudah berkisar kirakira
200 tahun (7 Generasi), maka selama itu pulalah adat Batak itu berjalan tertatihtatih seperti orang pincang. Selama
perjalanan 200 tahun dalam kondisi yang demikian itu, tentulah adat itu ada
yang lahir ditengah jalan dengan aneka ragam kekurangan nya, dan ada pula yang
hilang ditelan zaman.; maka, kalaupun terjadi benturan-benturan pendapat maupun
perbedaan pelaksanaan adat Dalihan Natolu itu di masa sekarang, dapatlah
kiranya di maklumi.
0 Response to "BAB. V SIPAHUSOR HUSORON NI ROHA"
Post a Comment